Minggu, 15 Maret 2015

Ini kronologi lengkap kecelakaan Tim Jupiter versi TNI AU












Kecelakaan Jupiter TNI AU di Langkawi. ©malaysiandigest.com



Ini kronologi lengkap kecelakaan Tim Jupiter versi TNI AU 6 Pesawat KT-1 B Wong Bee tengah melakukan latihan rutin pada gladi bersih hari pertama di kawasan bandara internasional Langkawi di Malaysia. Nahas, kejadian yang tidak diinginkan terjadi pada menit ke 30 latihan.

Minggu (15/3), pukul 14.00 waktu setempat dua pesawat latih yaitu Jupiter 5 (LD 0101) yang diawaki Mayor Pnb Sri Raharjo (J 666) dan Letkol Pnb Arief Hartono (J 540) Bertabrakan saat manuver jupiter wheel pada putaran kedua dengan pesawat Jupiter 6 (LD 0103) yang diawaki oleh Mayor Pnb Humaidi Syarif Romas (J 674) dan Marsma TNI Yadi I Suanantika (J 279).

Terlihat ledakan pada kedua pesawat. Seketika itu kedua pesawat tersebut terhempas jatuh di luar area landasan udara. Untungnya para awak pesawat seluruhnya dengan melakukan eject. Terlihat keempat awak pesawat tersebut terjun menggunakan payung yang terdapat pada kursi pesawat.

"Dipastikan kondisi pesawat total lost dan para awak pesawat seluruhnya selamat," kata Kadispen TNI AU Marsma Hadi Tjahjato, Senin (16/3).

Pesawat yang lainnya yaitu Jupiter 1,2,3 dan 4 kembali landing ke landasan udara Langkawi.

Tim Sar dari TUDM langsung mengevakuasi para korban dengan menggunakan helikopter dan ambulans kemudian seluruh korban dilarikan ke Langkawi Hospital.

Pada kesempatan tersebut Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizad Ryacudu dan Menteri Pertahanan Malaysia Dato' Seri Hishammudin Tun Hussein yang kebetulan berada di Langkawi langsung menyempatkan diri menengok para korban. Hingga berita ini diturunkan para korban masih ada di ruang observasi Langkawi Hospital, Malaysia.


sumber : [ian]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar