Minggu, 15 Maret 2015

Awas, cara minum alkohol ini bikin overdosis!












Ilustrasi minuman beralkohol. Shutterstock/Cristi Lucaci


Awas, cara minum alkohol ini bikin overdosis! Sudah bukan rahasia lagi bahwa minum alkohol bisa memberikan efek buruk untuk kesehatan. Salah satu efek yang langsung dirasakan setelah minum alkohol adalah hangover atau mabuk hingga tak sadarkan diri keesokan harinya.

Alkohol diklaim buruk untuk kesehatan lever dan bisa memicu berbagai macam penyakit serius. Namun selain itu, waspadai juga kemungkinan overdosis ketika minum alkohol. Overdosis bisa memicu kematian jika tak segera diatasi. Berikut adalah beberapa cara minum alkohol yang bisa meningkatkan tingkat alkohol dalam darah dan memicu overdosis, seperti dilansir oleh Health Me Up (12/03).

1. Alkohol campur minuman energi
Minuman berenergi mengandung banyak kafein yang akan semakin menguatkan efek sedatif dari alkohol. Penelitian mengungkap bahwa campuran minuman beralkohol dengan minuman berenergi sangat berbahaya. Ini bisa meningkatkan jumlah alkohol dalam darah. Ditambah lagi, minuman ini tak akan membuat Anda merasa mabuk dan lelah, namun bisa mengurangi tingkat kontrol Anda terhadap tindakan.

2. Alkohol campur minuman ringan (soft drink)
Gula akan memperlambat penyerapan alkohol pada sistem. Namun pemanis buatan yang ada dalam minuman ringan justru bertindak sebaliknya. Minuman ringan ini akan membuat alkohol lebih cepat terserap hingga ke usus dan menyebabkan Anda lebih cepat mabuk. Akibatnya, jumlah alkohol dalam darah melonjak drastis tanpa disadari dan bisa memicu overdosis.

Penelitian mengungkap bahwa mencampur minuman ringan dengan alkohol bisa menaikkan jumlah alkohol dalam darah hingga 18 persen lebih tinggi. Jangan lakukan ini terlalu sering karena sangat berbahaya untuk kesehatan Anda. Salah satunya adalah bisa memicu overdosis.


sumber : [kun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar